10 Langkah Mendidik Anak Agar Menjadi Pengusaha Sukses

tips menjadi wiraswasta

Sebaiknya memilih tempat yang sesuai dan mudah dijangkau oleh konsumen. Di mana lokasi ini juga bisa berguna jika nantinya mengadakan pengangkutan barang ke perusahaan tersebut bisa lebih mudah. Perlu juga dipikirkan dengan baik bagaimana cara atau strategi promosi yang baik sehingga banyak masyarakat yang berminat. Karena memang pada tahap promosi, wirausaha harus mampu merebut hati dari konsumen dan tertarik terhadap produk tersebut.

Awali setiap hari dengan rasa syukur, karena hidup terlalu menakjubkan untuk dikeluhkan. Ternyata, masyarakat Indonesia terbilang sederhana dalam mengartikan kesuksesan. Seberapa sering kita menunggu “waktu yang tepat” untuk melakukan sesuatu?

Pertama ialah mampu menikmati proses, mengingat setiap kegiatan berusaha kerap dihadapkan pada kondisi tak menentu dalam proses meraih kesuksesan. Pengusaha kondang sekaligus Founder OK OCE, Sandiaga Uno membagikan tiga tips bagi pelaku UMKM untuk menyelamatkan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19. Mengingat dampak pandemi ini dinilai begitu terstruktur, sistematis, dan masif dalam memukul bisnis UMKM. Maka dari itu, merdeka. com akan merangkum sejumlah tips jitu berbisnis dari para pengusaha bonafide Indonesia. Laporan hasil survei Asian Development Bank menyebutkan sekitar 50 persen Usaha Mikro Kecil dan Menengah menutup usahanya akibat terdampak pandemi Covid-19. Banyak pelaku usaha UMKM di Tanah Air yang tidak memahami cara mengembangkan bisnis. Akibatnya, bisnis di sektor ini tidak tahan terhadap krisis ekonomi maupun bencana.

tips menjadi wiraswasta

Dalam pemilihan jenis usaha ini sebaiknya memilih jenis usaha yang tidak dilandaskan karena ikutan dengan orang lain. Kita hidup di zaman yang penuh dengan kesempatan dan kemudahan dibandingkan dengan orang tua atau kakek nenek kita dulu. Meski begitu, pilihan untuk menyadari hal ini ada di tangan kita. Filsuf Yunani, Epicurus, mengatakan bahwa kita tidak situs judi online lengkap perlu merusak apa yang kita miliki dengan menginginkan apa yang tidak kita punya. Ingatlah bahwa apa yang kita miliki saat ini pernah hanya sebatas harapan di masa lalu. Mulai saat ini, pilihlah untuk fokus pada apa yang telah kita dapatkan tanpa mengeluh. Orang lain mungkin tidak memiliki nasib yang sama dan memiliki perjuangannya masing-masing.

Dorongan menunda ada dalam diri manusia untuk menghindari konsekuensi negatif yang dapat dihadapi di masa depan, misalnya kegagalan. Tidak pernah ada waktu yang sempurna setiap hari, namun kita sendirilah yang mampu menciptakan waktu yang tepat, dan caranya adalah dengan mengambil langkah maju setiap hari. Jadilah wirausahawan yang proaktif untuk melangkah dengan perlahan tapi pasti. Dampak kemudahan akses informasi dan komunikasi masa kini juga terpampang jelas dalam pertumbuhan jumlah pengusaha Indonesia.

Terakhir, Sandi meminta agar generasi milenial tidak takut mengambil resiko dan tidak takut gagal. Namun sebelumnya tentukan terlebih dahulu mengenai kriteria pekerja yang dibutuhkan untuk usaha yang akan dijalankan ini. Adapun proses penyebaran surat lowongan pekerjaan dari perusahaan tersebut adalah menyebarkan di internet. Selanjutnya adakan juga tahap wawancara untuk para pekerja tersebut.

Bukan hanya itu, tidak melupakan membuat nama usaha yang sangat menarik. Tahap selanjutnya adalah menentukan nama dari usaha yang ingin dijalankan. Di mana nama tersebut dapat diambil dari nama produk yang diciptakan maupun lainnya. Selain itu, jangan membuat nama usaha yang panjang akan tetapi maksimal 2-3 kata saja. Selanjutnya adalah menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan.

Karena modal dari usaha tersebut hanya membutuhkan tambahan dari sumber pendanaan. Sehingga sebelum mantap membuka usaha tersebut sudah bisa memastikan bahwa dana atau modal yang ada sudah cukup untuk menjalankan usaha. Sehingga jika usaha ini launching maka masyarakat merasa penasaran hanya melihat dari nama usaha tersebut. Oleh karena itu, masyarakat akan berdatangan ke lokasi usaha tersebut. Selain itu, lakukan terlebih dahulu mengenai usaha yang ingin dijalankan. Dengan tujuan agar nama usaha tersebut bisa mudah diingat oleh publik.

Dari sebuah artikel portal berita Liputan 6, jumlah pengusaha di Indonesia meningkat, dari yang sebelumnya sebesar 1, 67% menjadi 3, 10% dari jumlah penduduk di tahun 2017. Terlepas dari adanya pertumbuhan, angka pengusaha di tanah air terbilang masih kurang dari cukup. Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pun memaparkan bahwa hampir di setiap negara maju, standard jumlah pengusaha di atas 14%, sebagaimana diliput dalam Kompas. Jadi, sikapi kondisi pasang surut ini dengan lebih sabar agar Anda bisa berpikir jernih untuk mencapai sukses atau mengembalikan kesuksesan yang sudah diraih sebelumnya. Untuk itu, gunakan waktu semaksimal mungkin untuk mengembangkan bisnis yang akan atau sudah Anda digeluti. Dalam satu hari, setidaknya sisihkan waktu selama 1 – 2 jam untuk mengembangkan konsep bisnis.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa Anda geluti, misalnya bisnis kuliner, pakaian, maupun jasa, dan lainnya. Namun tak jarang justru Anda sering kebingungan untuk memilih satu jenis bisnis yang paling tepat. Agar tidak salah langkah, coba luangkan waktu untuk mencari ide-ide bisnis kreatif yang sesuai dengan passion Anda.